8 Tips Sehat Memelihara Gigi Anak Anda

8 Tips Sehat Memelihara Gigi Anak Anda


Anda dapat menjaga anak anda dari kerusakan gigi dengan memulai perawatan gigi sejak usia dini. Ikuti langkah-langkah mencegah gigi berlubang dan menjaga agar senyum tetap indah.

1. Kenalkan anak anda dengan dokter gigi sejak usia 1 tahun
Perawatan pencegahan dini menghemat uang dalam jangka panjang. Sebuah laporan CDC menunjukkan bahwa biaya perawatan gigi 40% lebih rendah selama periode 5 tahun untuk anak-anak yang telah ke dokter gigi sebelum usia 5 tahun.


2. Ajarkan kebiasaan baik
Sebelum anank anda memiliki gigi, anda dapat membersihkan gusinya dengan lembut, gunakan air pada sikat gigi bayi atau bersihkan dengan kain lembut. Ketika gigi anak sudah muncul, sikatlah giginya 2 kali sehari dengan sikat gigi dan pasta gigi berfluoride untuk bayi. 
Mulailah mem-flossing (membersihkan dengan benang) ketika dua giginya saling menyentuh. Tanya pada dokter gigi tentang teknik dan waktu yang tepat untuk membersihkannya.

3. Hindari penggunaan botol susu
Pembusukan gigi bayi dan anak dapat disebabkan oleh cairan gula karena penggunaan  botol susu dalam waktu lama. Diantara cairan ini adalah susu, susu formula, jus buah, soda dan minuman manis lainnya. Sisa gula dalam cairan  tersebut yang tertinggal pada gigi dan gusi bayi memberi makanan pada bakteri dan plak. Setiap kali seorang anak mengkonsumsi cairan manis, asam yang dihasilkan oleh bakteri menyerang gigi dan gusi yang dapat menimbulkan kerusakan pada gigi bayi atau anak anda.


4. Kontrol penggunaan 'Sippy cup'
Menggunakan sippy cup dapat membantu anak-anak berpindah dari penggunaan botol ke gelas, tapi jangan biarkan dia minum menggunakan sippy cup sepanjang hari. Terlalu sering menggunakannya dapat menyebabkan kerusakan pada bagian belakang gigi depan.

5. Buanglah dot atau empeng setelah usia 3 tahun
Ada banyak alasan untuk membiarkan anak menggunakan dot, tetapi dalam jangka panjang akan dapat mempengaruhi susunan baris gigi dan juga dapat mengubah bentuk mulut.

6. Waspada, Obat dengan rasa manis dapat  merusak gigi anak
Sisa obat anak-anak dengan rasa manis pada gigi kemungkinan dapat menyebabkan gigi berlubang atau dapat menyebabkan infeksi jamur yang disebut 'oral thrush'. Obat anak-anak untuk kondisi kronis seperti asma dan masalah jantung  sering memiliki tingkat peluruhan yang lebih tinggi.


7. Temani anak anda untuk menjaga  kebiasaan menggosok gigi
Terkadang anak rewel atau ribut ketika tiba saatnya untuk menyikat gigi, flossing dan berkumur. Ada baiknya anda mengajak anak anda untuk melakukannya bersama. Anak-anak bisa memulai menyikat gigi mereka dengan bantuan dari orang dewasa di sekitar usia 2 atau 3 tahun. Tapi terkadang mereka tidak siap untuk menggosok gigi sendiri sampai usia 6 atau bahkan ada yang hingga usia 10 tahun, bersabarlah.

8. Memotivasi
Seorang anak mungkin dengan senang hati menyikat gigi jika mereka memiliki sikat gigi yang menarik, misal sikat gigi dengan striker bintang emas, doraemon atau karakter kartun kesukaan mereka. Berikan kesempatan pada mereka untuk memilih jenis sikat gigi dan pasta gigi yang mereka sukai.





No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top